Jumat, 18 April 2014

DILUPAKAN OLEH AL QUR'AN

Sering Kita dengar atau mungkin tak sadar sering Kita mengucapkan kalimat:
"Aduh.. Saya Lupa Baca Al Qur'an..,
Yaah.. Saya Lupa Suroh dan Ayat itu.."
"Saya kok susah banget menghafal Al Qur'an..., Saya membaca Al Qur'an tapi gak membekas dihati..." dsb.
Pertanyaannya:
Apakah Kita yang Lupa atau Kita yang dilupakan oleh Al Qur'an..?
Jawabnya, mari Kita simak bersama Sabda Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam berikut:
بِئسَمَا لِأَحَدِهِمْ أَنْ يَقُولَ: نَسِيتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ، بَلْ نُسِّيَ. وَاسْتَذْكِرُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ صُدُورِ الرِّجَالِ مِنْ النَّعَمِ.
متفق عليه
“Buruk sekali orang yang berkata:
Aku lupa ayat ini dan ayat itu, akan tetapi (katakanlah) aku terlupakan.
Dan (untuk itu) bermudzakarah (mengingat-ingat) al-Qur’an-lah kalian, sesungguhnya al-Qur’an itu lebih mudah terlepas dari dada seseorang daripada binatang ternak.”
[HR. Al Bukhari no 4644, Muslim no. 1314-1317, At Tirmidzi no. 2466, An Nasaa'i no.934), dan al-Darimi no. 2627]
Maka Jelaslah bukan Kita yang lupa akan Al Qur'an dan Hafalannya tapi Al Qur'an lah yang melupakan Kita..!
Kenapa bisa begitu?
Karena banyak Faktor dari diri Kita sendiri, seperti:
1. Banyak melakukan Maksiat.
2. Makan dari penghasilan Haram.
3. Sombong dan Angkuh.
4. Hati dan fikiran yang Kotor.
5. Malas memuroja'ah Hafalan, dsb.
Bila Al Qur'an telah meninggalkan Kita maka waspadalah bisa jadi Kebarokahan Ilmu, Usia, dan Rizqi juga mungkin bisa saja hilang dari kehidupan Kita..
Na'udzubillahi Min Dzalik..!
Jagalah Ketaqwaan dan Keimanan Kita untuk Istiqomah bersama Al Qur'an (membaca, menghafal, dan mengamalkannya).
Wallohu A'lam bish shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar